Web Science dan Sejarah WebScince



      Definisi Web Science
           Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah website, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Web Science juga mempelajari hubungan antara manusia dan teknologi, bahwa masyarakat dan teknologi mempunyai keterkaitan satu sama lain.

Di dalam Web Science, kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Web Science Institute menjelaskan bahwa Web Science adalah fokus kekuatan analitis peneliti dari disiplin ilmu yang beragam seperti matematika, sosiologi, ekonomi, psikologi, hukum dan ilmu komputer untuk memahami dan menjelaskan tentang Web.
                          
·       Sejarah WEB science
Definisi Web
Web atau Website merupakan suatu halaman informasi, baik berupa teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web dapat diakses di mana saja selama Web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan jaringan Internet.

Sejarah Web
Pre-Web adalah era dimana prototype seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi Internet. Internet sendiri adalah tempat dimana Web muncul pertama kalinya ke publik sampai saat ini.

1.    The Memex
The Memex adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang dikembangkan oleh Vannevar Bush pada tahun 1945. Bush membayangkan Memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi. Konsep Memex mempengaruhi perkembangan awal sistem Hypertext.

2.    HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman Web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah Web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

3.    Internet
Internet (interconnection-networking) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.


4.     Usenet
Usenet atau User Network, merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan  pada Duke University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan).

5.     FTP
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.


·       Web 1.0, 2.0, dan 3.0

 Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.

Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0. adalah:

Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan (read only).
Halaman masih didesain sebagai html murni, yang hanya memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi.
Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens.
Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi bersifat satu arah.
Contoh dari jenis web ini, biasanya masih bersifat HTML dan hanya berisi tentang tulisan pribadi.


 Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Web 2.0 ini memperkaya sifat dari read only menjadi read write.

Prinsip-prinsip Web 2.0 yaitu:

1.Web sebagai platform.
2.Data sebagai pengendali utama.
3.Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi.
4.Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source”)
5.Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
6.Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
7.Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user

Contoh dari jenis web ini,seperti Wikipedia, Blog, Friendster. Yang sudah mulai mengenal dengan web interaktif social network.


 Web 3.0
Definisi untuk Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan. Sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand.

Teknologi Web generasi ketiga yang pertama kali diperkenalkan tahun 2001 ini memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide, dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alam nyata.
Web 3.0 atau Web Semantik sendiri juga merupakan sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik. Artinya, bahasa yang digunakan tidak lagi bersifat teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari, sehingga dapat mempermudah interaksi dengan komputer.

Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.




 ARSITEKTUR SEBUAH WEB

Arsitektur Website merupakan desain dan perencanaan situs, yang melibatkan arsitektur itu sendiri, teknis, kriteria estetis dan fungsional. Arsitektur Website memilik perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web.

Di dalam WEB terdapat Beberapa Aplikasi Utama Seperti :



-         RDF (Resource Description Framework)adalah standar W3C  untuk mendeskripsikan Web resources, seperti title, author, modification date, content, dan copyright information dari Web page
-         XML (Extensible Markup Language) 
adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C (World Wide Web Consortium)  untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

-         Sql injection
SQL Injection adalah kode injeksi teknik yang memanfaatkan kelemahan keamanan yang terjadi pada lapisan aplikasi database. kerentanan ini hadir ketika masukan pengguna tidak benar baik disaring untuk menghindari karakter string literal tertanam dalam pernyataan SQL atau masukan pengguna tidak kuat diketik dan dengan demikian tak terduga dieksekusi.
-         Kontrol Akses
Penentuan siapa yang dapat mengakses server harus dilakukan dengan menggunakan kontrol akses, baik dengan autentikasi maupun otorisasi.




Kesimpulan :
Dari Penjelasan kali ini kita dapat mengetahui baik dari Sejarah Web Science mulai dari Web 1.0 sampai 3.0 lalu definisinya dan juga penjelasan tentang Hyper Tex, Internet, Memex, dan Usnet
Dan ada juga tentang Aplikasi Utama pada Web seperti di bidang Keamanan yaitu Sql Injection, LFI yaitu Metode yang memanfaatkan kelemahan script PHP  yang variabel nya tidak dideklarasikan dengan sempurna.

Dengan LFI seorang attacker dapat menginclude kan file yang berada di dalam server yang bersangkutan.

Nama             : Jeremia Mordechai
Kelas              : 2ia11
NPM               :53416697


Daftar Pusaka :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN BISNIS TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Keindahan Visual di Anime Kimi no Na Wa

INSTITUSI PENGELOLA WEB & Aspek Hukum