PERKEMBANGAN BISNIS TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi)



PENDAPAT SAYA TERHADAPNYA

Perkembangan tekhnologi informasi saat ini sudah banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan berskala nasional maupun swasta. Kemajuan dibidang Teknologi, Informasi, dan Komputer mendukung perkembangan teknologi internet, melalui internet pelaku bisnis tidak lagi merasa kesulitan untuk memperoleh informasi demi menunjang aktivitas bisnisnya. Berbagai hal yang dulu dapat memakan biaya yang besar dan waktu yang lama, kini dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Saat ini kehidupan mulai bergeser ke kehidupan komputasi persasif, suatu kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai bagian dari kehidupan manusia kapan dan dimana saja. Hal ini dapat dilihat dari perilaku manusia yang sudah mulai terbiasa dengan computer, sudah mulai terbiasa dengan internet, dan sudah mulai merasakan bahwa sekumpulan kebutuhannya dapat dibantu oleh teknologi informasi.
            Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih cepat, yaitu:
-          Telepon sebagai menia komunikasi bisnis.
-           Internet sebagai salah satu media komunikasi bisnis
-           E-mail, e-commerce
-          Konsultan IT
-          Software House.

Perusahaan dibidang TIK : Ethereum

Apa itu Ethereum?

Seorang jenius Vitalik Buterin menciptakan cryptocurrency yang menduduki peringkat kedua setelah Bitcoin pada tahun 2014.
Ethereum sendiri merupakan jaringan peer-to-peer publik atau blockchain-nya, sedangkan mata uang digitalnya sendiri disebut Ether.
Tujuan diciptakannya Ethereum adalah untuk menjadi platform di mana smart contracts dapat diciptakan dan dijalankan.
Sederhananya, tujuan Ethereum adalah untuk menjadi komputer dunia.
Jika Anda lebih memilih Ethereum ketimbang Bitcoin, maka Anda bisa menggunakan dompet digital MyEtherWallet yang dibuat khusus untuk cryptocurrency Ethereum.
Dompet digital ini juga dirancang untuk mudah digunakan, sehingga cocok bagi pemula.



Apa itu Cryptocurrency?

Jika dilihat dari namanya, cryptocurrency berasal dari kata cryptography. Hal ini terjadi karena sifat cryptocurrency yang diamankan dan dibangun oleh cryptography yang kuat.

Jika kita menyederhanakan definisinya, maka sebenarnya cryptocurrency hanyalah sebuah masukan dalam database yang tidak dapat diubah oleh siapapun tanpa memenuhi kondisi tertentu.
Meski kelihatan rumit, namun ini sebenarnya sama dengan definisi mata uang.


Contohnya saja saat Anda mengambil uang dari bank, maka Anda akan mengubah database rekening Anda di bawah sebuah kondisi tertentu.
Dengan kata lain, uang adalah tentang seluruh masukan dalam database di akun, balance, dan transaksi.
Kini sudah beredar banyak cryptocurrency, termasuk di tanah air. Salah satunya adalah Ethereum.

Sejarah Ethereum

Ethereum pertama kali disingkap ke mata publik pada tahun 2013 dalam sebuah whitepaper oleh Vitalik Buterin, pengembang Bitcoin saat itu.
Karena kepercayaan bahwa Bitcoin masih sempit penggunaanya, maka Buterin berniat membuat sebuah cryptocurrency yang lebih mudah “disesuaikan”.
Tujuannya adalah untuk membuat mata uang digital yang bukan hanya berfungsi layaknya Bitcoin, namun juga memiliki fitur smart contract yang dapat digunakan untuk menentukan secara otomatis kapan pembayaran dilakukan.

Karena proyek ini tidak dapat diaplikasikan dalam Bitcoin, maka Buterin menciptakan Ethereum pada tahun 2014 untuk merealisasikan mimpinya.
Ethereum adalah pelopor penawaran koin awal (initial coin offering atau ICO).
Hal ini langsung diterima dengan baik dalam masyarakat karena pada saat proyek masih dalam pengembangan, sudah ada pesanan dari investor sebanyak 60 juta token Ether.

Hal ini mengawali masa perjalanan Ethereum yang merupakan sebuah perkembangan luar biasa besar ekosistem Ethereum terus dipromosikan sambil membayar biaya untuk ranah legalitas dan pengembangan.
Akhirnya Ethereum pun diluncurkan, dan pengembangan platform Ethereum dimulai, dengan tingkat keberhasilan yang berbeda-beda.

Pada saat ini 1 harga koin Ethereum mencapai Rp.2,520.765 dibanding dengan Bitcoin yang seharga Rp.116.035.442
*Ps : Harga dapat berubah seiring waktu
 
source :
 

 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keindahan Visual di Anime Kimi no Na Wa

INSTITUSI PENGELOLA WEB & Aspek Hukum